Header Ads

Jepang Ditimpa Gempa Dahsyat 7,3 SR

Gempa dahsyat berkekuatan 7,3 SR menimpa wilayah Timur Laut Jepang yang mengakibatkan tsunami. Wilayah yang dilanda saat ini adalah wilayah yang sama pada gempa tahun 2011 yang menyebabkan tsunami dan bencana nuklir. 

Badan meteorologi mengatakan, pusat gempa yang juga dirasakan penduduk Tokyo ini bersumber di lepas pantai provinsi Fukushima pada kedalaman sekitar 10 kilometer. Sampai saat ini belum ada laporan tentang kerusakan ataupun korban jiwa. Radio dan televisi pemerintah Jepang memberitakan, ketinggian tsunami mencapai 1,4 meter, dekat Sendai, sekitar 70 kilometer sebelah utara Fukushima. 

Gelombang itu terjadi setelah guncanga pada pukul 05:59 waktu setempat (20:59 GMT), Senin (21/11/2016) kemarin. Rekaman televisi menunjukkan kapal-kapal terseret ke laut dari pelabuhan, setelah dikeluarkannya peringatan akan adanya gelombang besar setinggi 3 meter. Sementara itu, juru bicara Tokyo Electric Power Company, yang mengelola reaktor nuklir Fukushima, mengatakan kepada AFP, bahwa sementara ini belum terjadi masalah di lokasi rektor. Pemerintah juga telah membentuk tim penanggulangan krisis untuk memberikan informasi lanjutan dan arahan penyelamatan diri kepada para penduduk. 


Sebelumnya pada bulan Maret 2011, Jepang juga ditimpa gempa besar yang menyebabkan tsunami dan jatuhnya banyak korban jiwa. Gempa saat itu juga menyebabkan bencana nuklir di reaktor Fukushima. Perlu dicatat, Jepang terletak di persimpangan empat lempeng tektonik, yang berpotensi mengalami lebih dari 20% dari gempa bumi paling mematikan di dunia setiap tahun.


sumber : Aljazeera | Dakwatuna

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.