Header Ads

Rangkuman Insiden Bendera Terbalik Yang Pernah Terjadi

Berbagai insiden bendera Sang Saka Merah Putih terbalik pernah terjadi dibeberapa tempat. Tentu hal tersebut bisa dijadikan pelajaran agar kita semakin cinta Indonesia. Tak elok rasanya mencari siapa yang salah atas insiden pengibaran bendera.

Peristiwa yang lebih fatal bahkan pernah terjadi, ini pun bukanlah yang pertama di Indonesia. Kejadian serupa juga pernah terpantau di daerah lain. Bahkan dari Sabang hingga Merauke. Berikut ringkasannya


1. Saat pelaksanaan upacara Hari Kebangkitan Nasional di kantor Walikota Bontang, Jumat 20 Mei 2016
2. Insiden paling menghebohkan terekam di Monokwari, Papua Barat. Peristiwa itu terjadi saat detik-detik peringatan HUT RI ke-65. Diduga hal itu terjadi lantaran Pasukan pengibar Bendera Merah Putih (Paskibra) grogi.
3.Apel Siaga Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Kota Solo bertema Setia Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) Setia Megawati di Benteng Vastenburg Solo, diikuti ratusan orang, Ahad (5/2/2017).
4. Bendera Indonesia tampak dipasang terbalik dengan bagian merah berada di bawah dan putih di atas -- tepat di depan patung Cipto Mangunkusumo.
5. Dalam program acara Supermentor ke VI yang digagas mantan Dubes Indonesia untuk Amerika Serikat Dino Patti Djalal pada Minggu, 17 Mei 2015 juga mengalami insiden yang sama.
 6. Insiden bendera terbalik selanjutnya terjadi pada saat upacara peringatan kemerdekaan Indonesia di Manokwari, Papua Barat Selasa 17 Agustus 2010 silam.
7. Insiden tterjadi di Kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Nias yang menjadi perbincangan hangat para netizen pada 19 Agustus 2015 lalu.

 8. Insiden paskibraka saat Hari Pendidikan Nasional di Ternate Mei 2014
 9. Saat upacara peringatan HUT Korpri 41 di Kota Dumai November 2012
10. Pemasangan bendera di halaman kantor Lurah Kedonganan Bali awal tahun 2015, dan di Kantor Lurah Awiwo, Distrik Abepura Jalan Gerilyawan, Kamkey Abepura, Jumat (28/1/2011) pagi.
11. Kejadian di kantor DPRD Tegal, 8 Mei 2017

12. Peristiwa terpasangnya bendera Merah Putih secara terbalik di Kejaksaan Tinggi Jambi pada Senin, 10 Agustus2015 (Tempo)


13. Pemasangan bendera Merah Putih di depan Polsek Taman Sidoarjo.4 Agustus 2016. (JakartaGreater)


Dari banyak insiden yang pernah terjadi, semuanya masih manusiawi dan tidak ada unsur kesengajaan. Semoga bisa menjadi pelajaran

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.