Header Ads

(Video) Timnas Indonnesia Pesta 9 Gol ke Gawang Filipina

Tim nasional U-19 Indonesia tampil luar biasa dengan meraih kemenangan 9-0 atas Filipina pada pertandingan kedua Grup B Piala AFF U-18 di Stadion Thuwunna, Kamis (7/9/2017). Pelatih tim nasional U-19, Indra Sjafri, menurunkan tiga pemain baru pada laga ini. Ketiga pemain tersebut adalah Samuel Christianson, Asnawi Mangkualam, dan Syaharin Abimanyu. 

Garuda Nusantara sempat menerima ancaman terlebih dulu lewat tendangan dari jarak jauh Mariano Suba pada menit keempat. Beruntung, kiper Muhamad Riyandi berhasil melakukan penyelamatan cemerlang dengan menepis bola Suba. Ancaman tersebut dibalas timnas U-19 lewat gol Feby Eka Putra pada menit ke-9. Dari luar kotak penalti, Feby melepaskan tembakan keras yang tak mampu dibendung kiper Quincy Kammeraad. Setelah itu, Indonesia tak terbendung. Pada menit ke-22, giliran Egy Maulana yang mencatatkan namanya di papan skor. 

Pemain asal Medan tersebut mencetak gol dengan memenfaatkan bola liar di dalam kotak penalti. Tembakan kaki kiri Egy membuat bola bersarang ke tengah gawang Filipina. Lima menit kemudian, Indonesia unggul 3-0. 

Gol ketiga pasukan Indra Sjafri diciptakan Muhammad Iqbal memanfaatkan umpan silang Feby Eka Putra. Timnas U-19 kemudian mendapatkan penalti pada menit ke-30. Sayang, Asnawi yang maju sebagai algojo gagal setelah bola berhasil ditepis. Berselang enam kemudian, Indonesia untuk kali kedua mendapatkan penalti. Kali ini, Egy yang maju sebagai eksekutor sukses menyarangkan bola. Iqbal untuk kali kedua mencatatkan namanya di papan skor pada menit ke-40. Pemain bernomor punggung 6 tersebut menjebol gawang lawan melalui eksekusi tendangan bebas. Gol tersebut menjadi torehan terakhir dan Indonesia unggul 5-0. Selepas jeda, timnas U-19 berusaha menurunkan tempo serangan. Egy Maulana bermain lebih sabar dengan umpan satu-dua. 

Meski begitu, pasukan Indra Sjafri masih terlihat tajam. Pada menit ke-67, Feby Eka mencetak gol kedua yang membuat timnas unggul 6-0. Feby Eka mendapatkan bola "gratis" memanfaatkan kesalahan Filipina. Dia kemudian masuk ke dalam kotak penalti dan berhadapan dengan kiper lawan. Dengan tenang, dia melepaskan sepakan mendatar dan gol. Feby akhirnya membukukan hat-trick pada menit ke-87. Feby mencetak gol dengan memanfaatkan Muhammad Rafli. Rafli kemudian mencetak gol lewat titik putih pada masa injury time. Indonesia mendapatkan penalti setelah Kammeraad melakukan pelanggaran dan imbasnya dia harus mendapatkan kartu merah. Hanya berselang semenit, Rafli kembali menjadi aktor di balik gol Resky Fandi. Gol tersebut menjadi torehan pamungkas dan Indonesia menang 9-0.





Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.