Mengenal Manfaat Pare dan Kandungannya

Rasa “Pahit” sangat melekat saat mendengar buah pare. Memang benar, buah pare memiliki rasa yang sangat pahit. Meskipun memiliki rasa yang sangat pahit, tak sedikit orang yang membudidayakan tanaman tersebut. 

Pare Pahit (Momordica Charantia) merupakan salah satu jenis tanaman yang merupakan anggota keluarga dari mentimun (Cucurbitaceae). Pare pahit biasanya tumbuh di daerah beriklim tropis seperti Indonesia. Oleh sebab itu, Pare pahit memiliki beberapa sebutan di tiap daerah. Di daerah Jawa Barat buah pare disebut dengan nama Paria, sedangkan di daerah Sumatera disebut pepare, dan di Eropa buah ini disebut dengan nama Bitter Mellon. 

Pohon buah pare merupakan jenis tanaman merambat yang bisa hidup di dataran rendah di berbagai jenis tanah. Tanaman ini tak banyak memerlukan sinar matahari sehingga lebih cocok ditanam di tempat yang lebih terhindar dari sinar matahari. Meskipun demikian, tanaman buah pare harus tetap diperhatikan kondisi tanahnya agar tetap lembab dan subur. 


Cara budidaya tanaman pare sangatlah mudah. Dimulai dari penanamannya yang hanya memerlukan beberapa biji pare yang ditanam di kedalaman tanah sedalam 1-2 cm hingga proses perawatannya pun terbilang mudah. Tanaman pare akan berbuah sekitar 2 bulan dan biasanya akan menghasilkan buah secara rutin. 10 Khasiat Buah Pare untuk Kesehatan 

1. Meningkatkan Imunitas 

Seperti yang kita ketahui, bahwasanya sistem imunitas dalam tubuh harus selalu kita perhatikan karena sistem imun ini merupakan komponen penting bagi tubuh. sistem imunitas yang kuat mampu menyelamatkan tubuh dari berbagai penyakit yang akan menyerang seperti flu dan batuk.  

2. Menurunkan Kolesterol 

Mengonsumsi buah peria atau pare ternyata juga dapat menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh. kolesterol jahat yang menumpuk pada tubuh menyebabkan penyempitan pembuluh darah sehingga sirkulasi darah dalam tubuh akan tersumbat. Jika pembuluh darah mengalami penyempitan, maka berbagai penyakit berbahaya seperti serangan jantung dapat terjadi. Tak hanya menurunkan kolesterol jahat (LDL), khasiat buah pare juga dapat meningkatkan kadar kolesterol baik bagi tubuh (HDL). Jika pare atau peria ini dikonsumsi secara terjadwal, maka semakin kecil kemungkinan tubuhmu terserang berbagai penyakit seperti serangan jantung dan stroke. 

3. Baik untuk Kesehatan Hati 

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, bahwa pare ini dapat melakukan detoksifikasi atau pengeluaran terhadap racun-racun berbahaya dalam tubuh termasuk hati. Pare ini dapat menurunkan retensi cairan yang terdapat pada hati serta meningkatkan fungsi empedu menjadi lebih baik lagi. 

4. Menurunkan Berat Badan 

Buah pare adalah buah yang rendah kalori, akan tetapi tinggi akan nutrisi. Hal tersebut tentu saja sangat bermanfaat bagi tubuh terutama bagi kamu yang memiliki masalah dalam berat badan. Buah pare dapat mengontrol nafsu makan serta merangsang lipid agar tidak terjadi kenaikan berat badan. Hal tersebut sangat cocok dan disarankan untukmu yang ingin memperoleh tubuh lebih ramping dengan bahan alami. Akan tetapi, mengonsumsi pare dalam jangka waktu yang panjang dan berlebihan tentu saja dilarang karena dapat menimbulkan efek samping bagi tubuh.

5. Memperbaiki Sistem Pencernaan 

Vitamin, serat, dan mineral merupakan komponen yang terkandung dari buah yang memiliki rasa pahit ini. Serat pada buah pare dipercaya dapat meredakan gejala sembelit karena dapat membantu melancarkan proses pengolahan makanan pada sistem pencernaan.

6. Meredakan Infeksi 

Terkadang kita kurang menyadari bahwa sebenarnya beberapa bakteri negatif yang memicu infeksi bersarang dalam tubuh kita. Seperti misalnya bakteri bernama Streptobaccilus yang dapat memicu berbagai penyakit seperti radang tenggorokan hingga meningitis yang berpotensi menyebabkan kematian.

7. Menurunkan Kadar Gula Darah 

Beberapa kasus kematian yang diakibatkan oleh tingginya kadar gula darah harus menjadi tumpuan kita untuk selalu mengontrol gula darah pada tubuh agar stabil. Namun, bagi kamu yang sudah terlanjur memiliki keluhan gula darah yang tinggi, jangan pesimis dulu karena kamu bisa menurunkan kadar gula darah tersebut dengan bahan alami. Ya, buah pare atau peria dikenal ampuh dalam menurunkan gula darah karena kandungan stereoid saponin-nya. Konsumsilah buah pare secara rutin dan teratur serta diiringi dengan pengecekan terhadap gula darah secara berkala.

8. Mengobati Masalah Kulit.

Buah pare juga sangat bermanfaat bagi kulit diantaranya yaitu dapat mencerahkan kulit serta melindungi kulit dari berbagai jamur yang dapat menyebabkan masalah seperti kurap, kudis, jerawat, dan berbagai masalah kulit lainnya. Hal ini disebabkan oleh kandungan anti-fungi dan anti bakteri yang terkandung pada buah pare.

9. Sebagai Anti-Oksidan.

Pare pahit memiliki kandungan kalori yang rendah, yaitu hanya 17 kalori per 100 gram. pare pahit juga kaya akan kandungan serat, mineral, dan antioksidan yang penting untuk kesehatan tubuh.

10. Mengurangi Sembelit.

Pare pahit juga merangsang gerak peristaltik dan pencernaan makanan melalui usu sampai dikelurkan dari dalam tubuh. Hal tersebut sangat membantu dan mengurangi gangguan pada pencernaan dan masalah sembelit.

11. Mencegah Radikal Bebas 

Selain Folat, pare pahit juga mengandung Vitamin C yang sangat banyak dan berguna sebagai anti-oksidan alami yang mampu untuk mencegah radikal bebas yang berbahaya bagi kesehatan manusia.




Sumber : Bacaterus | Honestdocs

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.