Destinasi Wisata Menarik di Palangkaraya Kalimantan Tengah

Kota Palangka Raya adalah sebuah kota sekaligus merupakan ibu kota Provinsi Kalimantan Tengah. Kota ini memiliki luas wilayah 2.400 km² dan berpenduduk sebanyak 376.647 jiwa dengan kepadatan penduduk rata-rata 92.067 jiwa tiap km² (Sensus 2015). 

Sebelum otonomi daerah pada tahun 2001, Kota Palangka Raya hanya memiliki 2 kecamatan, yaitu: Pahandut dan Bukit Batu. Kini secara administratif, Kota Palangka Raya terdiri atas 5 kecamatan, yakni: Pahandut, Jekan Raya, Bukit Batu, Sabangau, dan Rakumpit. Kota ini dibangun pada tahun 1957 (UU Darurat No. 10/1957 tentang Pembentukan Daerah Swatantra Tingkat I Kalimantan Tengah) dari hutan belantara yang dibuka melalui Desa Pahandut di tepi Sungai Kahayan. 

Sebagian wilayahnya masih berupa hutan, termasuk hutan lindung, konservasi alam serta Hutan Lindung Tangkiling. Pada saat kota ini mulai dibangun, Presiden Soekarno merencanakan Palangkaraya sebagai ibukota negara di masa depan, menggantikan Jakarta.

Palangka Raya merupakan kota dengan wilayah terluas di Indonesia atau setara 3,6 kali luas Jakarta
Palangkaraya sering juga dikenal sebagai Kota Palangka Raya, adalah ibukota provinsi Kalimantan Tengah. Kota Di Kalimantan Tengah ini memiliki 5 kecamatan yang meliputi hutan lindung, dan konservasi alam lainnya. 

Ibukota Kalimantan Tengah ini merupakan kota dengan luas area terbesar di Indonesia. Karena itulah beberapa kali terlontar wacana untuk memindahkan Ibukota Republik Indonesia Jakarta ke kota Palangkaraya ini.

1. Danau Tahai 

Destinasi Wisata Menarik di Palangkaraya Kalimantan Tengah, Danau Tahai

Tempat wisata alam Danau Tahai berada di Tumbang Tahai, Bukit Batu, Kota Palangka Raya. Wisata ini ini sebenarnya adalah lubang besar bekas penggalian pasir oleh masyarakat sekitar yang bertahun-tahun. 

Bekas galian pasir tersebutlah yang kini terisi oleh air hujan dan perlahan menjadi sebuah danau. Kini diolah masyarakat sekitar menjadi tempat wisata yang indah. Sedangkan warna merah air danau tahai tersebut dikarenakan mengandung gambut membesar dan menjadi tang larut bersama air. Letak koordinat tempat wisata danau Tahai ini berada pada titik -2.0279902,113.777337.


2. Penangkaran Orang Utan Nyaru Menteng

Penangkaran Orang Utan Nyaru Menteng

 Penangkaran Orang Utan Bos Nyaru Menteng, Palangkaraya – Tempat liburan di Palangkaraya ini berada pada koordinat -2.0367074,113.7761488. Merupakan milik Yayasan Borneo Orangutan Survival. Di tempat wisata alam ini, para pengunjung bisa bermain dengan orangutan tangkaran dengan latar belakang hutan asli. Hutan inin merupakan habitan orangutan tersebut.

3. Wisata Susur Sungai Kahayan.

Wisata Susur Sungai, Palangkaraya – Wisata palangkaraya kalimantan tengah ini terdapat di dermaga Tugu Pahlawan. Para pengunjung akan disuguhi dengan pengalaman susur sungai Kahayan di Kalimantan Tengah ini. 
Wisata Susur Sungai Kahayan


Tiap tiga jam, ada kapal yang akan mengantarkan 25 pengunjung untuk mengantarkan kita berwisata menyusuri sungai Kahayangan. Selain itu kita bisa menikmati keeksotikan pemandangan di sepanjang tepian sungai.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.