Jadwal Imsakiyah Ramadhan 2019 / 1440 H Kabupaten Banyuwangi



Jadwal Imsakiyah Kabupaten Banyuwangi Ramadhan 2019 ini dipersembahkan untuk kaum muslimin di Kabupaten Banyuwangi agar lebih mudah mempersiapkan diri untuk makan sahur tepat waktu dan menyegerakan berbuka. 

Ramadhan merupakan bulan yang penuh dengan keberkahan. Di bulan Ramadhan, puasa diwajibkan, pintu surga dibuka, pintu neraka ditutup, syetan dibelenggu, pahala amal kebaikan dilipatgandakan, Al Quran diturunkan. Dan yang tak kalah istimewa, ada lailatul qadar yang lebih baik dari seribu bulan. 

Agar Ramadhan lebih optimal, kita memerlukan jadwal imsakiyah agar mengetahui secara persis kapan waktu berbuka sehingga bisa menyegerakannya. Kapan waktu imsak agar bisa mengakhirkan sahur namun tidak sampai kebablasan hingga masuk waktu Subuh. 

Kapan pula waktu-waktu sholat. Bagi kaum muslimin di Kabupaten Banyuwangi, tentu maksudnya di tahun ini adalah Jadwal Imsakiyah Kabupaten Banyuwangi Ramadhan 2019. Jadwal Imsakiyah Kabupaten Banyuwangi Ramadhan 2019 ini bersumber dari Website Bimas Islam yang dirilis oleh Kementerian Agama Republik Indonesia.

Jadwal Imsakiyah Ramadhan 2019 / 1440 H Kabupaten Banyuwangi

Berdasarkan kalender nasional Puasa Ramadhan 2019 akan jatuh pada Senin tanggal 6 Mei 2019. Sementara Idul Fitri akan jatuh pada Rabu tanggal 5 Juni 2019 

Catatan: Tanggal di atas adalah berdasarkan data kemungkinan terlihatnya bulan sabit sebagaimana dikeluarkan oleh program online HilalMap.

Keduanya dihitung berdasarkan kemungkinan bisa dilihatnya bulan sabit secara global di mana saja di dunia (imkanur rukyat atau rukyatul hilal global).

Alhamdulilllah sesuai dengan sidang Isbat Pemerintah 5 Mei 2019 diputuskan untuk 1 ramadhan adalah 6 Mei 2019 artinya tidak ada perbedaan antara NU dan Muhammadiyah.

Noted
Kabupaten Banyuwangi adalah sebuah kabupaten di Provinsi Jawa Timur, Indonesia. Ibu kotanya adalah Kota Banyuwangi. Kabupaten ini terletak di ujung paling timur pulau Jawa, di kawasan Tapal Kuda, dan berbatasan dengan Kabupaten Situbondo di utara, Selat Bali di timur, Samudra Hindia di selatan serta Kabupaten Jember dan Kabupaten Bondowoso di barat.

Kabupaten Banyuwangi merupakan kabupaten terluas di Jawa Timur sekaligus menjadi yang terluas di Pulau Jawa, dengan luas wilayahnya yang mencapai 5.782,50 km2, atau lebih luas dari Pulau Bali (5.636,66 km2). Di pesisir Kabupaten Banyuwangi, terdapat Pelabuhan Ketapang, yang merupakan penghubung utama antara pulau Jawa dengan pulau Bali (Pelabuhan Gilimanuk).

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.