Langsung ke konten utama

Bendungan Katulampa Masuk Status Siaga 3, Masyarakat Diminta Waspada

Bendungan Katulampa di Bogor Bendung Katulampa, Kelurahan Sindangrasa, Kecamatan Bogor Timur, Kota Bogor berada pada Level Siaga 3 per Rabu (1/1) sore ini. Dilansir dari CNN Indonesia, ketinggian air di Bendungan Katulampa saat ini mencapai 130 cm/Gerimis. 

Air dari Bendungan Katulampa diperkirakan akan sampai ke Jakarta pada pukul 18:00 WIB. Dilansir dari Detik.com, Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan meminta warga yang berada di sekitar sungai siaga banjir. "Terkait dengan antisipasi atas hujan atau air kiriman. Kita ketahui saat ini bahwa Jakarta sudah tidak lagi hujan tetapi tadi siang sekitar pukul 12.00 WIB itu titik paling tinggi di Katulampa menunjukkan angka yang cukup mengkhawatirkan. 
Katulampa Masuk Status Siaga 3, Masyarakat Diminta Waspada

Kita memprediksi kira-kira pukul jam 6 (sore) dan beberapa jam kemudian seluruh warga yang tinggal di daerah aliran Sungai Ciliwung khususnya harus bersiaga," ujar Anies di Monas, Jakarta Pusat.

Beberapa kali status Bendungan Katulampa berubah karena intensitas hujan yang cukup tinggi. Sebelumnya ditemui langsung ACTNews Rabu (1/1/2020), Koordinator Sub Unit Pelayanan Ciliwung Katulampa Andi Sudirman mengatakan, Selasa (31/12/2019) malam Bendung Katulampa masih betatus siaga 4 dengan ketinggian air 50-60 senti meter, Rabu (1/1/2020) pukul 07.30 WIB status ketinggian air naik drastis menjadi Siaga 2. 

"Saat ini debit air mencapai 340 meter kubik per detik," terang penjaga pintu air Katulampa yang memonitor Sungai Ciliwung dari hulu sampai hilir itu. Laporan langsung juga terus diterima Aksi Cepat Tanggap (ACT), baik melalui media sosial maupun tim di lapangan. 

Pengamatan mata tim ACT Eka Saputra langsung dari Pintu Air Bendung Katulampa, saat ini debit air sudah mencapai 340 meter kubik atau siaga 2. "Warga di wilayah Jakarta, Depok, Bekasi, diimbau untuk waspada. Saat ini sejumlah wilayah juga sudah dilaporkan banjir," terang Eka. ACT juga telah memberangkatkan Tim Disaster and Emergency Response (DER) untuk membantu sejumlah wilayah terdampak banjir di Jabodetabek. 

Sumber : ACT.ID

Komentar