Lowongan LO Kontingen, Operator SIMPON/Peparnas PON Jabar 2016

0
Apa itu PON XIX dan Peparnas XV ? 
PON XIX
Pekan Olahraga Nasional Indonesia (PON) adalah pesta olahraga nasional Indonesia yang diselenggarakan untuk mengembangkan bakat olah raga di seluruh kawasan Indonesia, tanpa kecuali. Penyelenggaraannya empat tahun sekali dan daerah penyelenggaraannya ditentukan oleh Komite Olahraga Nasional Indonesia. 
Setelah terakhir menjadi tuan rumah PON pada Tahun 1961, Jawa Barat kembali menjadi tuan rumah untuk event bergengsi ini setelah bersaing ketat dengan Provinsi Banten dan unggul secara aklamasi pada tanggal 27 April 2010. Penyelenggaraan Pekan Olah Raga Nasional XIX Tahun 2016 akan berlangsung dari tanggal 17-26 September 2016. 
Diperkirakan Sekitar 8403 atlet di luar atlet tuan rumah, termasuk provinsi baru Kalimantan Utara akan bertemu untuk bertanding secara fair play untuk mencapai raihan prestasi olahraga tertinggi di Indonesia. PON XIX/2016 terdiri dari 44 cabang olahraga, 10 cabang olahraga eksebisi dengan total nomor pertandingan, 365 pertandingan putra, 302 pertandingan putri, 33 pertandingan campuran dan 50 pertandingan terbuka di 61 Venue yang tersebar di 15 Kabupaten/Kota di Jawa Barat, memperebutkan 755 medali emas, 755 medali perak, dan 962 medali perunggu. Empat Catur Sukses yang ingin diraih Jawa Barat adalah Sukses Prestasi, Sukses Penyelenggaraan, Sukses Perekonomian dan Sukses Administrasi.

Peparnas XV
Pekan Paralimpiade Nasional atau Pekan Paralimpik Indonesia (Peparnas) adalah suatu ajang kompetisi yang menyerupai Pekan Olahraga Nasional (PON) bagi atlet penyandang cacat Indonesia. Perbedaan PON dan Peparnas terletak pada pembagian kelas dan teknis pertandingan, dimana atlit dikelompokkan berdasarkan kondisi fisiknya. Dulunya, Peparnas disebut Pekan Olahraga Cacat Nasional (Porcanas), namun kemudian kata ‘cacat’ diganti dengan kata ‘paralimpiade’ seiring perkembangan yang terjadi di dalam organisasi Badan Pembina Olahraga Cacat (BPOC) Indonesia. Jumlah atlit Peparnas mencapai 3500, terbesar sepanjang penyelenggaraan peparnas. Dalam 13 cabang olahraga (atletik, renang, voli duduk, panahan, tanis kursi roda, tenis meja, bulu tangkis, futsal, bowling, catur, angkat berat plus gateball) akan dipertandingkan 620 Nomor Pertandingan untuk memperebutkan 620 medali emas. Venue pertandingan sebanyak 13 titik tersebar di sekitar Kota Bandung

Apa Itu Bidang Hubungan Daerah dan Protokol? 

Bidang Hubungan Daerah dan Protokol sebagai bagian dari PB PON XIX dan PEPARNAS XV ditetapkan melalui Surat Keputusan Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia Pusat Nomor 115 Tahun 2014 Tanggal 5 Desember 2014 tentang Penyempurnaan Surat Keputusan Nomor 36 Tahun 2014 tentang Penetapan Struktur Organisasi dan Panitia Inti Panitia Besar Pekan Olahraga Nasional XIX dan PEPARNAS XV tahun 2016 Jawa Barat; dan Keputusan Ketua Umum PB PON XIX dan PEPARNAS XV Tahun 2016 Jawa Barat Nomor 426/06/Kep-KU/2015 Tanggal 6 Januari 2015 tentang Panitia Daerah Pekan Olahraga Nasional XIX dan Pekan Paralympic Nasional XV Tahun 2016 Jawa Barat.

Tugas dan fungsi Bidang Hubungan Daerah dan Protokol diantaranya adalah menyiapkan dan melaksanakan pelayanan kepada tamu VVIP, VIP dan tamu Negara pada kedatangan, kepulangan, maupun selama penyelenggaraan PON dan Peparnas, melaksanakan komunikasi dengan seluruh kontingen guna menginventarisir data jumlah atlet dan official, jadwal kedatangan dan kepulangan, melayani pengaduan dari kontingen peserta maupun masyarakat, serta mengkoordinasikan penyelesaian masalahnya dengan bidang terkait lainnya (complain handling management)

Kebutuhan Tenaga LO, Operator SIM PON dan Peparnas Bidang Hubungan Daerah dan Protokol PB PON 

Untuk memberikan informasi, pendampingan kontingen dan menampung keluhan kontingen, dibutuhkan LO sebanyak 102 orang yang direkrut dari unsur umum. Setiap kontingen/provinsi akan dipimpin oleh seorang Chef de Mission (Ketua Kontingen) dan penugasan LO akan melekat dengan operasional Ketua Kontingen tersebut. Sedangkan untuk Operator SIM PON dan Call Centre dibutuhkan 20 (dua puluh) orang dan 4 (empat) orang petugas.

Tugas LO, Operator SIM PON-PEPARNAS dan Operator Call Centre
Liaison Officer :
1.    Menyediakan informasi penyelenggaraan PON dan Peparnas dan informasi lainnya seperti kepariwisataan dan budaya Jawa Barat, tempat wisata kuliner, wisata hibutan, dsb kepada seluruh kontingen PON XIX dan Peparnas XV.
2.    Sebagai pendamping bagi tamu VIP PON XIX dan Peparnas XV sejak kedatangan (Bandara Husein Sastranegara, Bandara Soekarno Hatta, Stasiun Kereta Api Bandung dan Bale Pare Kota Baru Parahyangan) selama kegiatan berlangsung sampai dengan kepulangan.
3.    Menampung setiap keluhan kontingen atau tamu, kemudian menyampaikannya kepada bidang yang berkompeten.
4.    Berkoordinasi dengan protokol untuk agenda Welcoming Dinner, Upacara Pembukaan dan Penutupan PON XIX dan Peparnas XV.
Operator SIM PON-PEPARNAS : 
1.    Sebagai penyedia informasi makro jadwal kedatangan, kepindahan, dan kepulangan kontingen;
2.   Sebagai penyedia informasi jadwal penjemputan tamu undangan untuk acara khusus (welcoming dinner, upacara pembukaan, dan upacara penutupan)
3.   Melakukan koordinasi dengan LO cabang olahraga terkait jadwal pertandingan
Operator Call Centre :
1.    Sebagai penyedia informasi baik untuk kontingen peserta maupun untuk masyarakat umum terkait kegiatan PON XIX dan Peparnas XV;
2.   Sebagai pemberi solusiuntuk setiap masalah atau keluhan yang disampaikan oleh kontingen maupun pemohon lain, jika solusi untuk masalah atau keluhan lain yang disampaikan sudah tersedia dalam aplikasi helpdesk;
3.   Menyampaikan segala keluhan atau keberatan dari ontingen atau pemohon lain kepada bidang yang bersangkutan, jika solusi untuk keluhan atau keberatan tidak tersedia dalam aplikasi helpdesk.
Kualifikasi :
Liaison Officer :
1.     Pria/Wanita usia 20 – 25 Tahun;
2.     Mahasiswa/i atau lulusan dengan latar belakang pendidikan jurusan Hubungan Internasional, Komunikasi, Kepariwisataan, atau Planologi;
3.     Memiliki kemampuan berkomunikasi dengan baik;
4.     Memiliki dan mampu mengoperasikan gawai berbasis android;
5.     Berpenampilan menarik;
6.     Sehat jasmani dan rohani;
7.     Bersedia untuk bekerja di lapangan;
8.     Mampu bekerja dalam tim;
9.     Bersedia untuk bekerja di lapangan.
10.  Bersedia untuk bekerja secara penuh (bukan paruh waktu, tidak ada libur)
Operator SIM PON :
1.     Pria/Wanita usia 20-28 tahun;
2.     Pendidikan minimal Diploma, jurusan Teknik Informatika, dan Teknik Komputer, terbuka bagi yang masih berstatus mahasisa/i;
3.     Menguasai komputer dan aplikasi komputer;
4.     Mampu bekerja dalam tim dan bersedia bekerja bergiliran (shift);
5.     Memiliki kemampuan untuk mempelajari hal baru dengan cepat;
6.     Sehat jasmani dan rohani;
7.     Mampu bekerja dalam tim;
8.     Bersedia untuk bekerja secara penuh (bukan paruh waktu).
Operator Call Centre :
1.     Pria/Wanita usia 20-28 tahun;
2.     Pendidikan minimal Diploma, jurusan Teknik Informatika, dan Teknik Komputer, terbuka bagi yang masih berstatus mahasiswa/i;
3.     Menguasai komputer dan aplikasi komputer;
4.     Memiliki intonasi, pelafalan, dan artikulasi yang baik;
5.     Diutamakan bagi yang memiliki pengalaman di bidang call centre;
6.     Mampu bekerja dalam tim dan bersedia bekerja bergiliran (shift);
7.     Sehat jasmani dan rohani;
8.     Bersedia untuk bekerja secara penuh (bukan paruh waktu).
Waktu Pendaftaran
Pendaftaran akan dilaksanakan mulai tgl 12 Juli 2016 dan ditutup pada tanggal 18 Juli 2016. 
Berkas yang harus disiapkan :
·      Fotocopy KTP;
·      Fotocopy ijazah/Kartu Mahasiswa;
·      Surat keterangan sehat dari unit pelayanan kampus atau dinas kesehatan;
·      Sertifikat keahlian (jika ada)
Sertifikat keikutsertaan pada event tertentu (jika ada)
Periode Pendaftaran
Pendaftaran akan ditutup pada tanggal 17 Juli 2016
Tahapan Seleksi*
Tahapan seleksi sampai pengumuman akan dilakukan melalui tahap sebagai berikut :
a.    Seleksi administrasi (15-19 Juli 2016)
b.    Psikotest (20 Juli 2016)
c.    Wawancara (25-28 Juli 2016)
d.    Pengumuman (30 Juli 2016)
*Waktu dapat berubah dengan pemberitahuan terlebih dahulu
Waktu bekerja Liaison Officer (LO):
14 September 2016 – 1 Oktober 2016
Shift 1 pukul 06.00 – 14.00
Shift 2 pukul 13.00 – 21.00
Operator SIM PON-PEPARNAS dan Operator Call Centre :
1 Agustus – 31 Oktober 2016,
Shift 1 pukul 06.00 – 14.00
Shift 2 pukul 13.00 – 21.00
Untuk melakukan pendaftaran, gunakan tautan di bawah ini

Form Registrasi Online LO / Operator


Mohon diisi dengan data sebenar-benarnya, terutama email, karena semua data akan diklarifikasi dan informasi akan dikirimkan melalui email Anda.
Leave A Reply

Your email address will not be published.