Exciting Banten On Seba Baduy – Momen Ketika Suku Badui Menunjukkan Diri

0
Exciting Banten On Seba Baduy 2019 menjadi salahsatu agenda Wonderful Indonesia yang diadakan oleh Kemenpar di tahun 2019 ini. Bagi pembaca yang ingin liburan namun belum ada rencana mau kemana? pada bulan Maret ini salah satu rekomendasi terbaiknya adalah berwisata ke Banten. Pastikan saja sudah berada di provinsi tersebut di akhir bulan ini dan bergabunglah dalam kegembiraan dan kemeriahan Exciting Banten Festival 2019. 
Satu hal yang tentu menjadi daya tarik dalam event budaya tahunan tersebut adalah Upacara Seba Suku Baduy sebagai puncak acaranya. Saat itulah momen terbaik bagi traveler pecinta budaya Indonesia untuk berinteraksi langsung dengan Suku Baduy, yang selama ini dikenal sebagai suku yang mengisolasi diri dari dunia luar. Pada tahun 2018 yang lalu, festival Seba Baduy ini berlangsung heboh dimana ribuan suku Badui atau Urang Kanekes membanjiri ibukota Banten, yakni Kota Serang. 
Tahukah Anda? mereka rela berjalan kaki seratusan kilometer dengan membawa serta hasil bumi demi suksesnya prosesi adat Seba ini. Upacara Seba adalah tradisi ritual sakral yang telah berlangsung ratusan tahun, berupa penyerahan hasil tani atau hasil bumi pada Ibu Gede (Bupati Lebak) dan Bapak Gede (Gubernur Banten). Tradisi ini digelar setelah masa panen berakhir, sebagai acara puncak setelah sebelumnya dilaksanakan tradisi puasa Kawalu selama tiga bulan. (baca : Kawalu dan Seba Baduy) Oleh pemerintah Banten, tradisi tersebut dikemas menarik dalam festival bertajuk Exciting Banten On Seba Baduy. 
Pada tahun 2019 ini pemerintah Banten akan membuatnya lebih atraktif dan lebih menarik dari tahun sebelumnya. Beragam pertunjukan tradisional hingga modern akan mewarnainya, termasuk juga Pameran Gelar Produk Unggulan Banten akan disajikan. Event Seba Baduy merupakan festival yang selalu masuk dalam 100 Wonderful Events Indonesia Kementerian Pariwisata (Kemenpar). Jadi, sangat disayangkan jika sobat tidak menjadi bagian dari kemeriahan acara tersebut. Mantabkan rencananya, persiapkan segala yang diperlukan dan bersegeralah bergabung bersama wisatawan lain dalam ketakjuban akan keeksotikan Suku Baduy.
Sumber : BlogkuloCom
Leave A Reply

Your email address will not be published.