Pembukaan PON XIX Digelar di Stadion GBLA Bandung September 2016

0
Upacara pembukaan dan penutupan Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX/2016 Jawa Barat dipastikan akan diselenggarakan di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Kota Bandung, September mendatang. Hal itu diungkapkan Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan selaku Ketua Umum Panitia Besar PON XIX/2016 Jawa Barat. 
Gubernur Jawa Barat
Menurut Heryawan, keputusan dan penetapan tersebut berdasar pada berbagai pertimbangan dan saran dari banyak pihak. Ada yang mengusulkan, ada yang mendoakan, ada yang menyarankan, hingga ada yang mengharapkan pembukaan multievent olahraga terbesar di Indonesia, dilangsungkan di stadion berkapasitas 38.000 penonton itu. 
Yang menjadi pertimbangan utama adalah perkembangan kesiapan Stadion GBLA yang kini tengah dalam perbaikan. Bahkan, seluruh kontingen juga mengusulkan agar upacara pembukaan dihelat di stadion terbesar di Jawa Barat tersebut supaya lebih dekat dengan penginapan atau hotel para atlet dan ofisial. “Atas pertimbangan-pertimbangan tersebut, tadi malam (Kamis) kami memutuskan bahwa opening ceremony PON XIX/2016 Jawa Barat akan diselenggarakan di Stadion GBLA Kota Bandung sebagaimana rencana dan niat semula,” kata Heryawan di Komplek Gedung Sate, Jalan Diponegoro Kota Bandung, Jumat (1/7/2016) siang. 
 Dengan demikian, fokus perbaikan yang selama ini di seputar Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, beralih ke Stadion GBLA Kota Bandung. “Insya Allah, secara persyaratan Stadion GBLA siap dan secara fungsional ditargetkan selesai pada bulan Juli. Tentu dengan perbaikan yang terus dikebut sehingga pada hari H-nya benar-benar siap,” ujar Heryawan. Dia menambahkan, penetapan Stadion GBLA sebagai tempat upacara pembukaan dan penutupan PON XIX/2016 Jawa Barat akan dibuatkan surat keputusan untuk mengabsahkan pengalihan penganggaran. Penganggaran yang semula diposkan untuk menggelar pertunjukan di Stadion Si Jalak Harupat tersebut mencakup anggaran seperti untuk lighting, pengadaan kembang api hingga tarian kolosal. 
Dijadikan tempat upacara pembukaan atau tidak, jelas Heryawan, perbaikan yang telah dilakukan di area Stadion Si Jalak Harupat tetap berguna dan tidak ada masalah. Terlebih, di komplek stadion tersebut ada banyak arena yang akan digunakan untuk menggelar pertandingan cabang olahraga PON XIX/2016 Jawa Barat
Leave A Reply

Your email address will not be published.